Perkembangan Teknologi di Indonesia - Banyaknya Lapangan Kerja Baru Kerena Perkembangan Teknologi - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Selasa, 16 April 2019

Perkembangan Teknologi di Indonesia - Banyaknya Lapangan Kerja Baru Kerena Perkembangan Teknologi

Banyaknya Lapangan Kerja Baru
Kerena Perkembangan Teknologi



Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa revolusi industri 4.0 yang terjadi saat ini tidak akan menggantikan posisi kegiatan manusia. Keberadaan perkembangan teknologi malah mampu mencetuskan pekerjaan baru untuk masyarakat.

Pernyataan JK ini juga sekaligus meluruskan anggapan yang menyinggung Sumber Daya Manusia (SDM) akan digantikan robot seiring perkembangan teknologi.

"Memang masing-masing waktu sarat dengan evolusi tapi bukan berarti anda kehilangan kegiatan tapi menghasilkan kegiatan baru," ujarnya saat menyerahkan sambutan pada acara Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/4/2019).

JK memberikan contoh pada industri telekomunikasi. Pada saat itu tidak sedikit bermunculan bisnis Warung Telepon (wartel). Dengan kemunculan wartel membuka lapangan kegiatan yakni sebagai penjaga wartel.

Namun seiring perkembangan teknologi, saat munculnya smartphone tidak menciptakan para pekerja yang dulunya di Watel tergerus. Sebab, mereka membuka kesempatan dengan berpindah untuk membuka konter atau isi pulsa.

"Sebagai di antara contohnya dulu terdapat wartel tidak sedikit pekerjaan penjaga wartel. Begitu wartel ilang hadir penjual-penjual pulsa," kata dia.

Kemudian, misal lainnya ialah para pekerja di pelabuhan. Pada saat tersebut masih tidak sedikit kapal di pelabuhan yang lantas lantas menyerap tenaga kerja di wilayah sekitar perlabuhan. saat bergeser, sudah memakai kontainer jumlah tenaga kerja yang terserap tidak berkurang.

"Begitu pun pelabuhan dulu pelabuhan dengan kapal biasa dipenuhi oleh pekerja pelabuhan sesudah kontainer kegiatan operator banyak," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar