Perkembangan Teknologi Digital - Ekonomi Kreatif yang di Gaungkan JIB - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Sabtu, 13 April 2019

Perkembangan Teknologi Digital - Ekonomi Kreatif yang di Gaungkan JIB

 Ekonomi Kreatif yang di Gaungkan JIB



Jaringan Intelektual Berkemajuan (JIB) mendeklarasikan diri pada Jumat, (12/4). Koordinator Nasional JIB Abdullah Sumrahadi menuliskan pembentukan lembaga tersebut karena kian pentingnya industri dan ekonomi kreatif sebagai penopang ekonomi Indonesia di samping migas.

Berdasarkan keterangan dari Abdullah, sektor kreatif berkembang cocok percepatan teknologi dan aplikasi. Sejumlah indikator populer dapat dipakai untuk mengukur pertumbuhan pesat bisnis kreatif berbasis pertumbuhan tekhnologi aplikasi.

"Indonesia pada ketika ini mengalahkan Singapura dalam jumlah bisnis startup. Survey Bain & Company menuliskan nyaris 90 persen investor menuliskan pasar Asia Tenggara paling dibidik pada 2018-2019 ialah Indonesia dan Vietnam. Jumlah perusahaan bidang ini yang menerima pendanaan pada 2017 diadukan meningkat 300 % dibanding pada 2019," kata Abdullah dalam penjelasan resminya.

Presiden Jokowi, tambah Abdullah, sekitar pemerintahannya telah memperlihatkan konsistensi dan ketepatan visi ekonomi untuk membina ekonomi di bidang ini. Jokowi sudah menjadi tipe ideal pemimpin yang akrab dengan dunia kreatifitas dan mempunyai visi yang jelas dalam pembangunan ekonomi kreatif.

"Atas dasar itu, kami Jaringan Intelektual Berkemajuan menyatakan sokongan kembali pada Bapak Ir Joko Widodo guna menjadi presiden RI periode 2019-2024. Kami mendoakan beliau tetap sehat dan terpilih sebagai pemenang dalam Pemilu Pilres yang akan digelar 17 April 2019," ujarnya.

Sementara itu, Budayawan JIB Riki Dhamparan Putra menilai pentingnya kepandaian yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis kreatif.

"Pemerintah presiden Joko Widodo mempermaklumkan program Revolusi 4.0 dan menjadikan pembangunan SDM sebagai pendorong unggulnya human capital sebagai prioritas dalam program nawacita pembangunan 2019. Sejumlah desain pembangunan infrastruktur teknologi internet juga mulai dirancang untuk mengerjakan pemerataan dan percepatan pembangunan di seluruh area Indonesia," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan dari Riki, opsi pemerintah guna menjadikan sektor ini sebagai prioritas primadona ekonomi kerakyatan memang tak keliru.

"Kekayaan budaya, keragaman kreatifitas, geografi Indonesia menjadi modal kuat guna mengembangkan industri dan ekonomi kreatif Indonesia di masa depan," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar