PerkembanganTeknologi Elektronik - ICMI Sarankan E-Voting Pada Pemilu Mendatang - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Jumat, 26 April 2019

PerkembanganTeknologi Elektronik - ICMI Sarankan E-Voting Pada Pemilu Mendatang

ICMI Sarankan E-Voting Pada Pemilu Mendatang



Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menganjurkan pemakaian e-voting di pemilu berikutnya. Pasalnya, pemilu serentak 2019 lumayan menuai kontroversi di kalangan elite politik sampai masyarakat.

Ketua Departemen Komunikasi ICMI, Andi Irman mengatakan, terdapat tiga urusan yang mendasari pemakaian e-voting tersebut. Pertama, kontroversi hitung cepat dan lamanya penghitungan manual berjenjang yang dilaksanakan oleh KPU RI.

"Efek negatifnya, terjadi tidak sedikit pertentangan, baik kalangan elite maupun akar rumput.
Pertengkaran nasional ini melemahkan persatuan Indonesia. Bila memakai e-voting, hasil pemilu segera diketahui sesaat setelah pengambilan suara sudah dilakukan," ujarnya dalam penjelasan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Rabu (24/4/2019).

Alasan kedua, mekanisme pemilu yang dinilai perumahan dan rumit. Hal tersebut terlihat dari jumlah tenaga yang tak dapat memenuhi tuntutan masyarakat.

"Banyak pelaksana pemilu sakit bahkan gugur dalam menjalankan tugasnya. Dengan e-voting, kerumitan-kerumitan tersebut dapat diminimalisir," tukas Andi.

Selanjutnya, Andi menyebut pertumbuhan teknologi dewasa ini makin pesat. Dengan peradaban itu, masyarakat bakal lebih dimudahkan dalam segala aktivitas.

"Dari sisi ekonomi misalnya, pemakaian teknologi informasi di sekian banyak  sektor telah lazim contohnya di sektor finansial dan perbankan," ungkap dia.

"Sudah saatnya penerapan teknologi Indonesia merambah bidang politik sehingga kepastian politik bisa terwujud," sambungnya.

Lebih lanjut, pemakaian e-voting pada pemilu 2024 nanti bisa diwujudkan dengan sejumlah tahapan. Di antaranya merevisi Undang-undang pemilu, persiapan infrastruktur teknologi informasi dan yang lebih penting ialah sosialisasi penerapannya.

"Persoalan utama e-voting ialah kepercayaan pada sistem. Untuk tersebut harus bertahap dan diuji terus menerus. Indonesia mesti mengindikasikan pada dunia mengenai peradaban teknologi Indonesia dengan teknik menerapkan e-voting," tandas Ketua Departemen Komunikasi ICMI, Andi Irman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar