Perkembangan Teknologi Saat Ini | Perkembangan Teknologi Canggih - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Kamis, 04 April 2019

Perkembangan Teknologi Saat Ini | Perkembangan Teknologi Canggih

Perkembangan Teknologi Saat Ini - 
Peluang Ekonomi di Era 4.0


Perkembangan Teknologi Saat Ini Perkembangan teknologi digital tak hanya menggeser lanskap persaingan global, namun juga membuka peluang baru bagi bidang yang belum pernah ada sebelumnya.

https://fieda-blog.blogspot.com/


Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dalam “Seminar dan Dialog Nasional: Milenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0” yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI), di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/4).

Untuk itu, kata Bambang, Pemerintah Indonesia dengan cepat dan tanggap merespon tantangan dan peluang tersebut.

Menurutnya, keberhasilan Indonesia untuk mengkapitalisasi tren teknologi digital akan berdampak untuk membuka jenis lapangan kerja baru, meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan produksi, membuka akses pembiayaan inklusif, serta mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Semuanya itu juga akan berujung pada pencapaian SDGs Indonesia,” jelas Bambang dalam dialog yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, serta Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia Mr. Kim Chang-beom.

Bambang mencontohkan, di bidang pendidikan, dapat dilihat Ruangguru memudahkan para siswa untuk menemukan guru les yang sesuai dengan preferensi mereka. Di bidang infrastruktur, Gojek bisa merubah cara manusia membeli makanan, berpindah tempat, dan bahkan melakukan pembayaran dengan Fintech.

Namun, melihat kondisi  angkatan kerja di Indonesia, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah.

“Produktivitas tenaga kerja Indonesia masih rendah dan laju pertumbuhan produktivitasnya lebih lambat dibandingkan negara ASEAN lainnya,” kata Bambang.

Angkatan kerja SMP ke bawah dan pekerja berkeahlian rendah masih mendominasi pasar kerja Indonesia di tahun 2018. Begitupula dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) alumni pendidikan menengah lebih tinggi dari nasional.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia memprioritaskan pilar pembangunan manusia serta penguasaan IPTEK di dalam Visi Indonesia 2045, yaitu situasi tepat yang harus kita capai saat 100 tahun Indonesia merdeka,” jelas Menteri Bambang. (L/Sj/B05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar