Perkembangan Teknologi- Teknologi Raspberry Pi-3 Untuk Hadapi Industri 4.0 - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Kamis, 11 April 2019

Perkembangan Teknologi- Teknologi Raspberry Pi-3 Untuk Hadapi Industri 4.0

Teknologi Raspberry Pi-3 Untuk Hadapi Industri4.0



Tahapan revolusi industri telah menginjak era industri 4.0, yang salah satunya ditandai dengan kehadiran teknologi Raspberry Pi serta munculannya jenis kegiatan baru. Perubahan ini tentunya mesti direspon dengan cara-cara komprehensif yang melibatkan semua stakeholder bersangkutan, tak terkecuali semua pelajar, mahasiswa, bahkan dosen pengajar.

Cepatnya perkembangan teknologi di era industri 4.0 ketika ini, sejatinya butuh diimbangi dengan penambahan kualitas SDM yang besok akan berlomba dengan teknologi yang telah mulai diperkenalkan ke masyarakat. Karena tersebut sangat penting untuk masyarakat guna mempelajari masing-masing hal-hal baru yang sehubungan dengan perkembangan itu.

CV. Digiware yang adalahsalah satu perusahaan asal Surabaya yang bergerak dalam bidang IT. Kamis (21/3) kemarin, melangsungkan workshop yang mengajarkan teknologi dari Raspberry Pi-3 di Dilo Telkom Kayutangan, Kota Malang.

Raspberry Pi di antara modul micro computer yang memiliki input output digital port laksana pada board micro controller. Diantara keunggulan Rasberry Pi dibanding board micro controller yang lain, yaitu memiliki port/koneksi guna display berupa TV atau monitor PC serta koneksi USB guna keyboard serta mouse.

Seorang trainer atau dinamakan sebagai pengajar, Gebby Pradana Soeharto mengatakan, Raspberry Pi-3 tersebut sebuah perlengkapan elektronika yang memiliki operasi sistem.

“Jadi kita dapat eksplorsensor, monitoring, pengolahan data, menciptakan sebuah tampilan atau presentasi, dan raspberry Pi ini dapat untuk support industri 4.0, dimana anda harus mengekor zamannya”, ucap lelaki yang biasa disapa Gebby untuk Malang Post.

Menurutnya, acara ini dilangsungkan ialah guna mengajarkan semua hobby maker. Orang mempunyai hobby di bidang elektronika maupun non teknologi dapat terlibat di software yang nyata di industri 4.0 ini.

Materi yang diserahkan dalam workshop Raspberry Pi-3 kali ini yaitu mengajarkan data base, clickcounter, weather station, motion detector, image processing, proximity indicator, blinking and fanding a led, ambient light monitoring, dan potentio meter controll edserve.

Banyak yang telah mempunyai hobby di bidang IT akan namun mereka susah untuk mengetahui teknologi baru Raspberry Pi. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pria mempunyai nama Romy Budhi di antara peserta workshop, ia menyatakan teknologi Raspberry Pi sangatlah modern jadi susah bila tidak belajar untuk ahlinya.

“Saya merasa senang mengekor acara workshop ini, sebab saya sendiri merupakan seorang IT. Merasa belum lengkap bila tidak belajar teknologi trend Rasberry Pi-3”, ujar di antara peserta dosen perguruan tinggi swasta ini untuk Malang Post.

Selain tersebut ia pun mengatakan bahwa teknologi ini paling bagus bilamana di disuguhkan dalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar