Perkembangan Teknologi Gadget - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Rabu, 15 Mei 2019

Perkembangan Teknologi Gadget

Setiap Gadget pasti Ada Aplikasi Guna Dorong Kesehatan Lansia

Google Image : Perkembangan Teknologi Gadget

Perkembangan Teknologi Gadget - Para lansia didorong untuk memakai teknologi dalm rangka menambah kesehatan tubuhnya. Ide ini hadir dalam diskusi “Nutrisi Tepat guna Lansia” yang diselenggarakan Kalbe Farma di Auditorium Sedayu City, Jakarta (30/4). Acara ini diselenggarakan untuk mengenang Hari Lanjut Usia Nasional.

Spesialis Gizi Klinik Mayapada Hospital dr. Arti Indira, MGizi, SpGK menuliskan bahwa gadget laksana pisau bermata dua, bisa membawa guna sekaligus mudarat. “Kalau lansia dapat ikuti (perkembangan teknologi), tren banget,” ujarnya.

“Setiap gadget tentu ada software kesehatan, contohnya pedometer guna mengukur tahapan jalan. Di samping itu, software lain guna menghitung jumlah kalori yang dikuras setelah olahraga fisik,” ungkap Arti.

Menurutnya, mengukur tahapan jalan adalahsalah satu upaya guna mengecek kegiatan fisik. “Minimal 10.000 langkah, tapi tidak sedikit lansia yang nggak kuat. Minimal bisa 5.000 dulu, terus ditingkatkan secara bertahap,” ujarnya.

Arti menyatakan bahwa lansia seringkali merasakan penurunan selera dan kadang tidak sempat menyiapkan makanan. “Aplikasi pemesanan online dapat menjadi solusi, asal yang dipesan makanan sehat,” tegasnya. Ia mengingatkan tidak boleh sampai software pemesanan online dipakai untuk memesan makanan yang tidak sehat.

Menurutnya, keperluan laki-laki dan wanita lansia setiap sebesar 1900 kkal (kilo kalori) dan 1500 kkal. Angka ini lebih rendah daripada orang dewasa.

“Gizi mesti seimbang. Mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Banyaknya tergantung pada kedudukan gizi dan jenis kelamin,” ujarnya. Ia menambahkan berhubungan pola makan dapat dikonsultasikan ke dokter gizi.

Pendiri Kalbe Farma, Dr. Boenyamin Setiawan pun mendorong semua lansia guna terus belajar, sampai-sampai memperlambat proses penuaan. “Paling urgen internet. Di internet tidak sedikit sekali yang dapat dipelajari. Pakainya google. Jangan gaptek, gagap teknologi!,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar