Perkembangan Teknologi | Kemajuan dan Perkembangan Teknologi - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Jumat, 17 Mei 2019

Perkembangan Teknologi | Kemajuan dan Perkembangan Teknologi

Siva Fauziah (Mahasiswa IUQI Bogor). Foto:telusur.co.id

Dampak Gadget yang Menjadi Kebutuhan Primer

Perkembangan Teknologi - Kemajuan teknologi kini ini paling pesat dan semakin canggih. Dari mula kemunculannya yang melulu sebatas perangkat komunikasi guna telepon, sekarang gadget pulang menjadi kebutuhan primer untuk setiap manusia. Gadget bakal terus berkembang guna memudahkan insan dalam beraktivitas sehari-hari.

Sekarang ini pemakaian gadget tidak melulu dari kalangan orang dewasa bakal tetapi tidak sedikit anak umur sekolah dasar atau anak remaja yang sudah memakai gadget guna mempermudah kegiatan yang mereka kerjakan setiap hari. Ada sejumlah dampak positif dan pun ada akibat negatif yang dimunculkan oleh gadget khususnya untuk anak umur sekolah dasar.

Kebanyakan dari pemakaian gadget itu lebih tidak sedikit dampak negatif yang dimunculkan meskipun mayoritas dari kalangan anak-anak sekolah dasar memanfaatkan gadget guna komunikasi, menggarap tugas sekolah mereka, atau melulu untuk hiburan. Sering kali kita mengejar pemanfaatan gadget menjadi di antara jalan pintas oraang tua dalam merawat anaknya.

Dengan sekian banyak  fitur dan software yang unik mereka memanfaatkannya guna menemani anak supaya orang tua bisa menjalankan kegiatan dengan tenang, tanpa cemas anaknya keluyuran, bermain kotor, berantakin lokasi tinggal yang kesudahannya mengganggu kegiatan orang tua.

Orang tua belakangan ini tidak sedikit yang memandang bahwa gadget dapat menjadi rekan bermain anak yang gampang tanpa terdapat pengawasan. Sehingga peran orang tua kini sudah tergantikan oleh gadget.

Perlu diketahui bahwa periode pertumbuhan anak yang paling sensitive ialah saat umur 1-5 tahun, sebagai masa anak umur dini sampai-sampai sering dinamakan the golden age.

Pada masa ini semua aspek perkembangan kepintaran intelektual, emosi, dan spiritual merasakan perkembangan yang spektakuler sehingga yang akan memprovokasi dan menilai pertumbuhan selanjutnya. (Muhibbin syah, 2003).

Ketika anak berada pada the golden age seluruh informasi yang diketahui oleh anak bakal terserap dengan cepat. Mereka bakal menirukannya, bahkan mereka bakal jadi lebih cerdas dan bakal menjadi dasar terbentuknya karakter dan jati diri anak. Maka tidak boleh kita anggap remeh anak-anak seusia tersebut.

Selain akibat negatif terdapat juga akibat positif untuk anak, diantaranya dalam pola pikir anak yaitu dapat mengatur strategi dalam permainan, menata kecepatan bermainnya dan meningkatkan keterampilan otak kanan pada anak.

Oleh sebab itu, penting untuk kita untuk memahami pengaruh gadget terutama untuk kalangan orang tua. Supaya anak dapat diberi batas dalam pemakaian gadgetnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar