Perkembangan Teknologi - Konsep Sharing Economy - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Selasa, 07 Mei 2019

Perkembangan Teknologi - Konsep Sharing Economy

Konsep Sharing Economy 



Konsep ekonomi berbagi alias sharing economy ialah ketika Jack Ma, bosnya Alibaba, berada dalam sebuah seminar Kongres seluler di tahun 2016. Hampir bersamaan dengan berdirinya Didi (Uber-nya China) atau Mobike (operator berbagi sepeda bareng terbesar di dunia). Tetapi tidak sedikit orang yang barangkali tidak tahu bahwa ekonomi berbagi kesatu kali dikembangkan dalam kumpulan geek (orang yang paling tertarik pada kegemaran tertentu laksana teknologi baru dan sebagainya) yang demam pada perangkat empuk bebas. Perwakilan khas dari spirit geek ialah platform hosting kode GitHub, yang anda kenal ketika ini. 

GitHub ialah salah satu platform kode sumber tersingkap terbesar di dunia. Secara umum, melulu pembuat perangkat empuk asli yang mempunyai kode sumber program. Jika kode sumber terbuka, tersebut setara dengan menyerahkan upaya kita sendiri secara cuma-cuma kepada orang lain. Tetapi sebab open source, industri perangkat empuk telah dapat berkembang pesat dan berkembang. Misalnya, sistem Android.

Sederhananya, GitHub sebenarnya ialah sebuah website web, tidak bertolak belakang dengan website web lain. Di Youku atau Youtube, kita dapat melihat video. Sedangkan di GitHub, kita dapat melihat sekian banyak  kode yang dikelola oleh sekian banyak  kategori. Sama seperti menggali video di website video. Anda bisa mencari, mengikuti, dan meneruskan kode yang kita minati. Lebih unik lagi, Anda pun dapat berpartisipasi dalam desain kode dan memasukkan gagasan maupun pendapat kita ke dalam kode.

Di dunia IT, GitHub sudah memainkan peranan penting. Karena banyak sekali programmer ialah laki-laki, GitHub tidak jarang dijuluki komunitas bertemannya orang-orang IT. GitHub ialah situs web berbagi teknologi programmer. Baik tersebut teknologi yang sangat canggih, atau manajemen dokumentasi data pribadi. kita dapat mengejar kode yang cocok dengan keperluan di sini.

Kode di GitHub ditabung di lokasi yang dinamakan repositori. Anda bisa memasukkan kode ke dalam repositori ini, mengubahnya, atau menyalinnya.

Namun, untuk ketenteraman repositori, masing-masing operasi kita direkam oleh file log. Sehingga masing-masing orang dapat menyaksikan kode apa yang telah digemari sebelumnya. Hingga April 2017, GitHub telah mempunyai 20 juta pemakai dan 57 juta gudang repositori. Tentu saja, GitHub begitu populer sebab perangkat empuk bebas, dan motivasi berbagi di belakangnya.

Perangkat empuk bebas bisa secara bebas digunakan, disalin, diteliti, dimodifikasi, dan didistribusikan. Bahkan dapat juga dibeli dan dipasarkan oleh seluruh orang tanpa batasan.

Di GitHub, mayoritas repositori dapat terlihat oleh seluruh orang. Bahkan programmer biasa bisa berpartisipasi dalam pemeliharaan dan optimisasi kode sumber. Di samping itu, tidak sedikit proyek spektakuler yang berasal dari sekelompok peminat dari sekian banyak  negara, untuk menciptakan program lebih baik dan secara spontan berkontribusi pada penulisan teknis. Karena berikut GitHub unik lebih tidak sedikit programmer yang lebih hebat. Pemikiran mereka bisa berinteraksi disini, sampai-sampai melahirkan tidak sedikit program luar biasa.

Sebenarnya Github berasal dari penginjil dan pendiri, Richard Stallman, beserta tidak sedikit responden di belakangnya. Richard Stallman memandang perangkat empuk tidak melulu boleh dipakai oleh pemakai. Kode sumber perangkat empuk juga dapat dipelajari, dibagikan, dan dimodifikasi oleh pemakai.

Richard Stallman bermunculan pada Juni 1953, di Manhattan, New York. Pada umur 16 tahun, ia kesatu kali mengenal komputer. Karena prestasinya yang menonjol, ia menjadi asisten laboratorium IBM New York Science Center. Sejak tersebut ia menjalin hubungan dekat dengan komputer. Pada tahun 1971, Stallman yang sedang belajar di Universitas Harvard, mengejar peluang lab AI MIT yang berkeinginan merekrut computer hacker alias peretas komputer guna mengembangkan sistem komputer baru. Peluang ini sesuai dengan seleranya, sampai-sampai ia bergabung dan menjadi peretas profesional.

Richard Stallman bergabung dengan komunitas berbagi perlengkapan lunak saat dia masih muda. Semua anggota komunitas mendorong kode berbagi. Pengalaman berikut yang membuatnya menjadi peminat perangkat empuk bebas. Kekaguman terhadap perangkat empuk bebas paling mencerminkan hakikat dari motivasi geek, yakni mendorong kebebasan, meremehkan ketentuan yang memberi batas manusia, dan ingin menantang otoritas.

Sejak 1980-an, dengan timbulnya Microsoft dan Apple, semakin tidak sedikit orang bergabung dengan jajaran sistem perangkat empuk berpemilik yang didorong oleh kepentingan, yang seluruh programnya tidak tersingkap untuk umum.

Sebagai perwakilan dari geeks, Richard Stallman membangkang perangkat empuk berpemilik, karena dirasakan mencegah orang guna berbagi dan menciptakan orang menjadi serakah. Cara untuk mengungguli kejahatan ialah membuat perangkat empuk secara gratis.

Pada tahun 1983, ia merilis sistem operasi yang sepenuhnya bebas dan tidak berpemilik. Namanya sistem operasi GNU. Dua tahun kemudian, ia menegakkan organisasi nirlaba mempunyai nama Free Software Foundation. Organisasi ini mempromosikan perangkat empuk bebas dan kemerdekaan pemakai komputer. Pergerakan perangkat empuk bebas ini telah memprovokasi komunitas IT di semua dunia.

Just like grandma says, inti kesuksesan GitHub terletak pada desakan spiritual yang mendahului pengembalian duit atau money return. Seperti kutipan Linus: 

"Uang bukan semangat yang sangat utama. Orang yang didorong oleh hasrat, sehingga kegiatan mereka kerjakan sambil merasakan kebahagiaan ialah yang terbaik"

Esensi dari ekonomi berbagi ialah konsep yang lebih luas. Intinya tidak dapat diceraikan dari kolaborasi, sosialisasi, keterbukaan, dan kesadaran konsumen. Sama laksana keberhasilan GitHub tidak dapat diceraikan dari kolaborasi online, interaksi, sumber kode terbuka, dan sokongan kuat guna perangkat empuk sumber terbuka.

Bagi tidak sedikit orang, keterbukaan berarti sumber daya yang didapat dengan sulit payah bakal kehilangan kontrol dan nilai. Tetapi pada kenyataannya, nilai platform terbuka dapat menarik talenta semua dunia jauh lebih banyak daripada masalah yang dibawanya. Seperti halnya saya dapat berbagi seluruh pengetahuan ini dengan teman-teman di tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar