Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Output Terbaru - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Rabu, 22 Mei 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Output Terbaru

Hasil gambar untuk sri mulyani
ILUSTRASI. Menkeu Sri Mulyani


Tantangan Pembangunan Ekonomi Dalam Negeri

Perkembangan Teknologi | Dalam tiga tahun terakhir, perkembangan ekonomi Indonesia terbendung di kisaran 5%. Kondisi itu menjadi tantangan untuk upaya pembangunan ekonomi dalam negeri.

Pasalnya Indonesia dalam risiko jebakan negara berpenghasilan menengah alias middle income trap."Jika tidak mengerjakan upaya-upaya serius, Indonesia menghadapi risiko middle income trap," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di gedung DPR, Senin (20/5).

Dia menambahkan kapasitas perekonomian Indonesia guna tumbuh tinggi mengalami tantangan keterbatasan output potensialnya. Lantaran infrastruktur penyokong belum terdistribusi dan merata.

Padahal sumber potensi perkembangan ekonomi tersebar di semua wilayah Indonesia. Akibatnya industri manufaktur melulu terkonsentrasi di Jawa. "Sehingga terkendala pertumbuhannya," imbuhnya.

Saat ini, perkembangan ekonomi masih didukung oleh perekonomian pulau Jawa dan Sumatra. Pulau Jawa menyumbang selama 59,03% dalam perkembangan ekonomi kuartal I-2019, sementara Sumatra menyokong 21,36%. Sisanya didukung oleh perekonomian Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT, NTB dan Papua.

Di samping itu, Indonesia pun tengah menghadapi evolusi demografi. Potensi warga muda belum optimal dimanfaatkan, baik yang diakibatkan oleh kualitas edukasi atau juga ketidaksesuaian penawaran tenaga kerja dengan keperluan industri.

Di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi, Indonesia pun dituntut untuk dapat mengakselerasi transformasi struktural dengan mengadopsi revolusi industri 4.0. Sementara tersebut ketidakpastian perekonomian global diduga masih berlanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar