Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Pertanian - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Kamis, 23 Mei 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Pertanian

Pacul Digital Para Petani Milenial di Kota Batu


Kemudahan Sektor Pertanian dengan Memanfaatkan Kemajuan Teknologi

Perkembangan Teknologi | Bertani tidak mesti identik dengan orang tua, mencangkul di kebun, sawah dan ladang, maupun menjual hasil panen. Bagi semua petani milenial, sektor pertanian dapat lebih gampang lagi dengan memanfaatkan peradaban teknologi.

Sekelompok pemuda di Kota Batu mengikis citra konvensional tersebut melalui Akademi Petani Milenial. Memadukan pola lama dengan memanfaatkan pertumbuhan teknologi. Sistem pertanian terpadu sekaligus merealisasikan teknologi Internet of Things (IoT).

Anggota akademi ini memaksimalkan jejaring anak-anak muda dengan pelbagai keahlian. Tidak melulu berlatar belakang petani. Ada pula yang berpengalaman di bidang teknologi informasi, bidang pemasaran, santri sampai pengarang kreatif.Sehingga, semua petani milenial di Kota Batu tidak melulu budidaya pertanian. Tapi pun mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pertanian. Serta menghasilkan nilai tambah pasca panen sampai-sampai jadi sumber pendapatan yang jauh lebih menjanjikan.

Rakhmad Hardiyanto, pendiri Akademi Petani Milenial Kota Batu mengatakan, akademi yang baru dirintis akhir Maret kemudian ini mempunyai 16 anggota. Menggarap sayuran holtikultura dengan sistem pertanian hidroponik.

“Mengarah ke konsep urban farming dengan memanfaatkan perlengkapan teknologi,” kata Hardiyanto di Kota Batu, Selasa, 21 Mei 2019.

Sistem pertanian hidroponik ini merealisasikan teknologi IoT. Menggunakan pengendali mikro yang terhubung internet, guna mendeteksi sensor dalam perangkat pengukur zat terlarut (TDS meter). Serta mekanisasi berupa aerator yang terhubung pada sensor pengatur waktu.

Rangkaian tersebut diprogram di software berbasis android. Sehingga petani milenial dapat memakai untuk menyaksikan kelembaban tanah, suhu, mengontrol pengairan. Termasuk keperluan nutrisi tumbuhan dapat diperhatikan dari jarak jauh melewati gawai mereka.

“Masyarakat yang sibuk dengan berbagai kegiatan tetap dapat mengontrol tumbuhan lewat android. Bisa menyaksikan tanaman telah saatnya panen atau belum,” ujar Hardiyanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar