Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Robot - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Jumat, 24 Mei 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Robot

Robot Canggih Ini Digerakkan Oleh Pikiran, Begini Simulasinya
Brain-controlled Robotic Arm (Sumber: Mashable)


Kini Robot Bisa Digerakkan Oleh Pikiran Manusia

Perkembangan Teknologi | Jakarta Saat ini, dunia sedang menghadapi era globalisasi. Masyarakat dunia terus berkembang dan menghadapi sekian banyak  tantangan. Salah satunya ialah perkembangan teknologi. Ada pelbagai penemuan teranyar dalam bidang teknologi. 

Seperti terciptanya robot-robot yang akan menolong pekerjaan manusia. Di sejumlah negara, semua peniliti bersaing untuk membuat robot yang menarik dengan sekian banyak  model yang bertujuan untuk menolong pekerjaan manusia. Salah satu negara yang turut mengembangkan teknologi robot ialah Jepang.

Di Jepang terdapat sebuah riset yang membuat dan mengembangkan robot yang bisa dikendalikan dengan benak manusia. Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya menambah produktivitas untuk setiap orang. Dilansir dari Mashable oleh Liputan6.com, Minggu (19/5/2019) seorang peneliti asal Jepang mencoba membuat sebuah robot canggih. Tak laksana robot lainnya yang dikendalikan oleh remot, robot ini dikendalikan melewati pikiran manusia. 

Robot yang diberi nama Brain-controlled Robotic Arm ini mempunyai model suatu tangan yang bisa bergerak cocok dengan pikiran benak manusia. Simulasinya, suatu pelindung kepala yang serupa helm dipakai oleh manusia. Alat tersebut pun terhubung dengan suatu robot tangan. 

Cukup dengan memikirkan gerakan, tangan robot tersebut akan bergerak cocok dengan apa yang dipikirkan oleh orang tersebut. Tes simulasi ini dilaksanakan dengan teknik seorang perempuan yang disibukkan sedang mengetik, kemudian menggerakkan tangan robot tersebut untuk mengulurkan sebotol minuman. 

Tes smilasi robot ini dilaksanakan oleh 15 orang, di mana 8 orang sukses menggunakan robot ini guna menggenggam suatu botol minuman. Penelitian tersebut dilaksanakan oleh Advanced Telecommunications Research Institute di Jepang yang dipimpin oleh Dr. Shuichi Nishio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar