Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi S - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Senin, 27 Mei 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi S

Hasil gambar untuk Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran
Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran




Perkembangan Teknologi Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Pembelajaran

Perkembangan Teknologi | Media adalah sesuatu yang mempunyai sifat menyalurkan pesan dan dapat memicu pikiran, perasaan, dan keinginan siswa sampai-sampai dapat terjadi proses belajar pada diri mereka.Penggunaan media secara efektif memungkinkan murid belajar lebih baik dan dapat menambah performa mereka cocok tujuan yang bakal dicapai. Rossi dan Briedle (1996) menyampaikan media pembelajaran ialah seluruh perangkat dan bahan yang dapat digunakan untuk destinasi pendidikan, laksana radio, televisi, buku, koran, majalah, dan sebagainya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Salah satu hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ialah Internet. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat menuntut seluruh pihak mengembangkan diri dan beradaptasi serta mengekor arus dengan memanfaatkan teknologi dalam segala aktivitas.
Dampak perkembangan teknologi ini berimbas pula pada proses pembelajaran. Para pendidik mesti dapat melakukan sekian banyak  inovasi dan kreativitas supaya proses pembelajaran tidak jarang kali relevan dengan perkembangan zaman. Pembelajaran abad ke-21 memang mesti membenahi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat, mengancam, dan menggilas, sampai siswa lebih cepat daripada guru. Potensi ini andai dimanfaatkan dengan baik bahwasannya bukan ancaman.

Kita pasti mengenal istilah 4C, yakni comunicative, collaborative, critical thingking and problem solving, creative, guna pembelajaran kontemporer disertai keterampilan literasi dan kegiatan pembelajaran berbasis siswa. Bagi beberapa guru, ini paling merepotkan saat harus terinternalisasi dalam pembelajaran di kelas.

Media Pembelajaran

Inovasi dan kreativitas yang dapat dilaksanakan pendidik salah satunya dengan memakai teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang terintegrasi dalam teknologi informasi bisa menjadi pesona dan membangunkan gairah belajar peserta didik.

Salah satu hasil perkembangan teknologi informasi yang bisa dijadikan media pembelajaran yang menyenangkan ialah video blog atau vlog. Vlog adalahmedia komunikasi dan informasi berbasis video dan web yang mengolaborasikan kreativitas, informasi, dan hiburan dalam satu hasil karya.

Vlog yang lantas disebut pun V-blogging adalahsatu format kegiatan. Vlog adalahsalah satu kemudahan media berbasis Intenet yang memakai video sebagai medium paparan pesan di atas teks dan audio sebagai sumber utama.

Vlog mulai dikenal masyarakat luas semenjak 2015 tetapi sebetulnya vlog telah ada semenjak mulai dikenalnya blog pada 2005. Vlog bisa memanfaatkan handphone berkamera, handycam, kamera yang dilengkapi mikrofon dan memungut adegan pada momentum atau kejadian sesuai keperluan informasi yang akan dikatakan dengan durasi tertentu.

Proses pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat, Solo, dilengkapi inovasi dan kreativitas. Salah satu misal pada pembelajaran di ruang belajar V pada kompetensi dasar materi menyimak dan menyajikan data memanfaatkan media vlog sebagai sarana pembalajaran.

Dalam pembelajaran ini, murid tergabung dalam sejumlah kelompok. Dalam masa-masa 30 menit diberi tugas meneliti dan menulis secara langsung jumlah dan jenis kendaraan yang melitas di jalan raya. Ini dilaksanakan pada pembelajaran ke-1. Lokasi yang dipilih di antaranya ruas Jl. dr. Moewardi di depan Masjid Kota Barat, Solo; Jl. Slamet Riyadi, tepatnya depan RS DKT; Jl. Adisucipto, tepatnya depan SMK N 4 Solo; dan Jl. Ahmad Yani, tepatnya depan Markas Kodim Solo.

Diagram Batang

Pada pembelajaran ke-2, setiap kumpulan mendiskusikan hasil pemantauan dan pendaftaran dilanjutkan menyajikan hasil dengan diagram batang pada kertas karton yang disiapkan oleh anggota kelompok.

Pembuatan diagram batang di berikan kepada kreativitas setiap kelompok. Semua kumpulan boleh menambahi pernik-pernik yang lain sampai-sampai tampilan diagram batang bervariasi. Pada pembelajaran ke-3 setiap kumpulan mempresentasikan diagram batang dengan memakai vlog.

Sebagian kumpulan mengunakan pertolongan telepon genggam dan ada pun yang menggunakan pertolongan kamera sebagai perekam video. Hasil rekaman masing-masing kumpulan disunting oleh murid sendiri secara berdikari dan dapat dikerjakan di rumah bilamana tidak selesai digarap pada masa-masa pembelajaran di sekolah.

Vlog semua kumpulan diunggah di Instagram dengan tanda pagar #sdmuhammadiyahpksolo dan #atmmatematika. Kelompok yang menemukan tanda suka terbanyak bakal mendapatkan apresiasi dari sekolah. Semua murid sangat hendak sekali dan berjuang mempromosikan vlog karya mereka ke seluruh teman sampai keluarga guna berpartisipasi dan memberikan sokongan tanda suka sebanyak-banyaknya.


Video Tutorial

Guru menilai hasil presentasi dan menulis tanda suka yang didapatkan setiap kelompok. Di samping vlog, teknologi informasi yang bisa dijadikan sebagai alternati media pembelajaran yang mengasyikkan siswa ialah video tutorial. Video tutorial dapat diciptakan oleh guru dengan menyesuaikan materi.

Video itu di samping sebagai media pembelajaran di ruang belajar juga dapat dijadikan video tutorial sebagai tugas murid di rumah. Video tutorial diunggah di Youtube dan dapat di akses peserta didik. Video tutorial adalahmedia komunikasi dan informasi berbasis video secara efektif dan tepat guna berbentuk pemberian arahan, bantuan, petunjuk, dan motivasi untuk peserta didik.

Petunjuk berarti menyerahkan informasi tentang teknik belajar secara efektif dan efisien. Arahan berarti menunjukkan peserta didik menjangkau tujuan masing-masing. Motivasi berarti menggerakkan pekerjaan peserta didik dalam mempelajari materi, menggarap tugas-tugas, dan mengekor penilaian. Bimbingan berarti menolong peserta didik memecahkan masalah (Rusman, 2012).

Pemanfaatan video toturial dapat dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran maupun pemberian tugas di lokasi tinggal yang mempunyai sifat proyek. Pada masa-masa liburan contohnya, guru menyiapkan tugas yang dapat dikerjakan murid di rumah. 

Untuk tugas mata latihan Matematika, murid diminta memperhatikan vidoe tutorial yang diunggah di Youtube. Siswa menemukan arahan, bantuan, dan petunjuk melewati video itu dan guru meminta orang tua guna mendampingi. Siswa diminta mengoleksi penyelesaikan tugas ketika masuk sekolah.

Dalam penciptaan video tutorial guru dapat menggunakan aplikasi Faststone Capture. Faststone Capture ialah software yang memungkinkan pemakai menyimpan bagan-bagan urgen di layar komputer, laksana menyimpan gambar, merekam kegiatan layar komputer, mengedit gambar, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar