Perkembangan Teknologi | Globalisasi dan Perkembangan Teknologi - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Kamis, 20 Juni 2019

Perkembangan Teknologi | Globalisasi dan Perkembangan Teknologi

Make, Innovate, and Robotize in Industry 4.0




TEMA KEGIATAN

Tema kegiatan kunjungan Robopark ini adalah “Make, Innovate, and Robotize in Industry 4.0.

TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan kunjungan Robopark“Make, Innovate, and Robotize in Industry 4.0.”ini bertujuan untuk :
1. Memberikan paradigma bagi mahasiwa/i tentang Indonesia di era industri 4.0
2. Sebagai bekal untuk menyongsong masa depan yang menuju digitalisasi dan otomatisasi

MANFAAT KEGIATAN

Pengunjung dapat mengetahui dan lebih mengerti tantangan pada era 2020 dalam bidang industri 4.0 khususnya transformasi digital pada manufaktur dalam bidang teknologi robotika, drone, internet of things, AI, virtual reality, AR, 3D printer. Peserta kemudian dapat mengetahui cara kerja teknologi tersebut dan dapat membuat kreasi, inovasi teknologi bagi bangsa dan negara.

========================================================================

Kini Hadir Robot Untuk Mencuci Piring


Hasil gambar untuk robot cuci piring

Globalisasi dan Perkembangan Teknologi | Dishcraft Robotics, perusahaan rintisan asal AS, membuat robot yang secara otonom dapat mencuci piring. Layanan yang diserahkan perusahaan ditujukan untuk membalas masalah efisiensi tenaga kerja di industri restoran, terutama tenaga pelayanan.


Diperkirakan ketika ini terdapat lebih dari 1 juta restoran di AS yang nilainya menjangkau US$863 miliar. Dalam sejumlah tahun belakangan, industri restoran di AS memang mulai serius mengerjakan otomatisasi dengan konsep-konsep baru, laksana Zume misalnya, restoran pizza yang memakai robot guna menyiapkan kue.

Sistem robotik Dishcraft memakai grey water dan sesuatu yang mereka sebut sebagai "mekanisme pembersihan irit energi" untuk mencuci setiap hidangan satu per satu, bukan pembersihan sistem batch yang dilaksanakan mesin konvensional. Visi dan pembelajaran mesin memungkinkan sistem untuk mengecek setiap hidangan dalam sepersekian detik guna sisa makanan secara konsisten.


"Setelah mempelajari masalah berupa peralihan shift pencuci piring yang tinggi, saya menyaksikan peluang guna memecahkan masalah tersebut melewati pemakaian teknologi robot," kata Linda Pouliot, CEO dan di antara pendiri Dishcraft.

Ditambahkan dia, dengan mengotomatisasi ruang cuci, pelayan restoran dapat mencuci piring secara bergiliran sampai-sampai lebih efisien. Pouliot sendiri pernah menegakkan Neato Robotics, pesaing iRobot yang memasarkan pembersih vakum robot. Sementara Paul Birkmeyer, co-founder dan CTO, sebelumnya ialah Co-Founder Dash Robotics.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar