Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Cetak - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Selasa, 18 Juni 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Cetak

Apa yang Menjadi Konsekuensi Dari Perkembangan IPTEK?



Pakar Komunikasi Unwira Kupang: Media Online Merupakan Konsekuensi Perkembangan IPTEK


Perkembangan Teknologi Cetak | Perkembangan media online yang terdapat adalah konsekuensi dari pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang makin pesat, Senin (17/6/2019).


Demikian dikatakan oleh pakar komunikasi dari Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Pater Dr. Eduardus Dosi, SVD saat didatangi di kediamannya di Biara sovetrdi (SVD) St Arnoldus Janssen Jln Soverdi, Kota Kupang Senin sore.

Menurutnya, hadirnya media online pun karena keperluan publik bakal berita dan informasi yang sifatnya cepat dan gampang diakses.

"Hal-hal yang menciptakan konvergensi media cepat sebab perubahan dampak perkembangan teknologi dan informasi yang cepat sampai-sampai merubah ruang dan tatanan masa-masa serta tatanan nilai," paparnya.

Ia pun menjelaskan, sampai hari ini, posisi media cetak masih powerful dan lebih kredibel dikomparasikan dengan media online.


Hal itu didasarkan pada sekian banyak  aspek laksana proses kerja media sampai berita diturunkan di koran melewati proses yang ketat.

"Kalau anda bandingkan dengan media cetak dan online. Unsur-unsur atau bentuk pemberitaannya sebut saja berita straight prinsipnya sama, akan namun masih lebih unggul media cetak, sebab media cetak menemukan berita melewati proses yang ketat," paparnya.

Ia pun menjelaskan sekian banyak  aspek yang memisahkan media online dan cetak dari sekian banyak  aspek, laksana pada aspek update (memperbaharui) berita atau isu, di media cetak kalah cepat secara masa-masa dari media online.


"Media cetak lama dari sisi updating sementara media online cepat sekali. Keunggulan cepat dan lambat ini yang menciptakan media cetak ditinggalkan sedikit dari segi waktu. Kan orang inginkan yang cepat dan selalu menggali new (baru) sementara sudah lama atau basi dengan sendirinya bakal kalah," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar