Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Era Digital - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Sabtu, 22 Juni 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Era Digital

ROBOPARK INDONESIA


TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan kunjungan Robopark“Make, Innovate, and Robotize in Industry 4.0.”ini bertujuan untuk :
1. Menghadirkan informasi perkembangan digital, transformasi manufacturing, sosial, dan teknologi dalam era industri 4.0
2. Mewujudkan minat siswa terhadap teknologi dan robotika di zaman serba digital sekarang ini
3. Menghasilkan siswa yang cerdas dan berwawasan luas terhadap dunia teknologi dan robotika
4. Meningkatkan daya kreatifitas siswa dalam menghasilkan sebuah produk yang berguna bagi masyarakat dan bangsa
5. Memperoleh gambaran dan kesimpulan tentang sikap dan rencana siswa dalam menghadapi tantangan dalam era digital 4.0

MANFAAT KEGIATAN

Pengunjung dapat mengetahui dan lebih mengerti tantangan pada era 2020 dalam bidang industri 4.0 khususnya transformasi digital pada manufaktur dalam bidang teknologi robotika, drone, internet of things, AI, virtual reality, AR, 3D printer. Peserta kemudian dapat mengetahui cara kerja teknologi tersebut dan dapat membuat kreasi, inovasi teknologi bagi bangsa dan negara.


----------------------------------------------------------------------------------------------


Kini Robot Ikan Telah Memiliki Darah yang Membuatnya Bergerak Lebih Alami


Hasil gambar untuk robot ikan memiliki darah


Perkembangan Teknologi Era Digital | Semakin lama robot merasakan perubahan dari yang tadinya berbentuk mengherankan serta beroperasi paling kaku. Dewasa ini robot telah semakin pintar, lincah dan responsif. Namun mereka tetap kehilangan unsur taktil serta multiguna yang bertolak belakang dari aslinya. Dilansir dari Engadget (20/6), semua ilmuwan mempunyai terobosan baru untuk mengatasi batasan itu dengan membuat robot ikan berbodi empuk dan mempunyai ‘darah’ buatan.


Sementara robot konvensional memperlihatkan desain kaku dan berukuran besar guna penempatan baterai dan roda gigi, robot yang berbentuk ikan singa itu dikembangkan dengan kelengkapan sistem peredaran darah menarik yang meluangkan tenaga dan penggerak. Darah tiruan yang dipompa di dekat sistem itu, terdiri dari larutan elektrolit yang beraksi sebagai cairan hidrolik dan penyimpanan energi.

Hasilnya ialah robot yang lebih serupa makhluk hidup yang dapat berenang guna jangka waktu selama 36 jam. Kalau dikomparasikan dengan ikan robot dengan penggerak gir konvensional, ia mempunyai efisiensi delapan kali lipat.


Tim peneliti dari Cornell University dan University of Pennsylvania menuliskan bahwa hal laksana ini belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Ini ialah percobaan kesatu guna menggabungkan transmisi gaya hidrolik, aktualisasi dan penyimpanan energi dalam satu sistem multiguna. Para ilmuwan menuliskan ini bisa dihadirkan di seluruh mesin yang memerlukan cairan. Secara keseluruhan, teknologi ini membawa kita selangkah lebih maju ke robot yang bergerak secara alami dan otonom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar