Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Fisika - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Rabu, 26 Juni 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Fisika


Perkembangan Teknologi Fisika | Dewasa ini, riset dan perkembangan material penyimpanan energi menjadi di antara primadona riset sebab memberikan peranan urgen dalam inovasi teknologi baru seperti perlengkapan penyimpanan energi berupa superkapasitor. Kebutuhan akan perlengkapan penyimpanan energi bakal terus berkembang seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk sebab manusia ketika ini paling bergantung terhadap energi untuk kebutuhan berbagai kegiatan mereka.

Berdasarkan gejala tersebut, di antara tim penelitian Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar atau disingkat dengan Tim Riset PKM-PE FMIPA UNM yang terdiri dari Muhammad Rizal Fahlepy, Anita Dewi Permatasi dan Alfiqih Dwiva Annisi berinovasi untuk membuat material superkapasitor dari penggabungan 2 material berkarakteristik bertolak belakang yang selanjutnya mereka sebut sebagai Komposit Geopolimer-Reduced Graphene Oxide(Geo-rGO).


Penelitian yang diketuai oleh Muhammad Rizal Fahlepy selaku mahasiswa jurusan Fisika FMIPA UNM ini mengawali risetnya setelah ditetapkan lolos seleksi penerimaan Hibah PKM tahun perkiraan 2019 oleh Kemenristekdikti. Demi kelancaran riset, riset ini dituntun oleh dosen yang berpengalaman di bidang Geopolimer yaitu Subaer.

Mahasiswa kelahiran Majene ini menyatakan bahwa riset ini bakal mengembangkan komposit geopolimer-reduced graphene oxide sebagai superkapasitor.

“Kami menyaksikan seiring berkembangnya dunia teknologi khusunya perkembangan material perlengkapan penyimpanan energi menciptakan kami berinovasi untuk membuat sebuah perlengkapan penyimpanan energi fast charging berbasis komposit Geo-rGO” katanya.

“Di samping itu, pada riset ini potensi geopolimer sebagai superkapasitor bakal dikaji lebih mendalam dengan menyimak parameter fabrikasi dan memodulasi sifat fisis dan elektrokimia yang dipunyai ketika reduced graphene oxide (rGO) ditambahkan ke dalam matriks geopolimer dengan fokus yang divariasikan” lanjutnya.


Anita Dewi Permatasari selaku anggota penelitian meyampaikan bahwa komposit geopolimer-rGO ini bakal di uji lebih lanjut sifat elektrokimianya.

“Untuk memahami kualitas dan bobot komposit Geo-rGO yang kami buatan maka akan dilaksanakan pengujian sifat elektrokimia yang dimilikinya” kata mahasiswa jurusan Fisika FMIPA UNM ini.

Kemudian Alfiqih Dwiva Annisi selaku anggota penelitian dan mahasiswa Biologi FMIPA UNM melanjutkan bahwa “penelitian kami ini bakal dipublikasi pada jurnal internasional yang bereputasi tinggi terindeks Scopus sebagai tanda hak kekayaan intelektual kami dan potensi paten kami dalam memproduksi material Superkapasitor” imbuhnya.

Melihat karya mahasiswa-mahasiswa tim penelitian PKM-PE ini, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA UNM Syukri Nyompa paling mengapresiasi dan membubuhkan harapan besar supaya mahasiswa-mahasiswa ini bisa lolos ke etape PIMNAS dan dapat berlomba secara global dalam bidang riset dan pengembangan material penyimpanan energi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar