Perkembangan Teknologi | Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Kamis, 13 Juni 2019

Perkembangan Teknologi | Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Walter S. Gifford, tengah, menempatkan panggilan telepon trans-Atlantik komersial pertama dari New York ke London
Walter S. Gifford, tengah, menempatkan panggilan telepon trans-Atlantik komersial pertama dari New York ke London(The Guardian)



Sejarah Inggris dan AS dalam Komunikasi Menggunakan Saluran Telepon

Perkembangan Teknologi | Perkembangan teknologi dan informasi mempermudah seseorang untuk berkomunikasi, walaupun berbeda tempat dan bahkan beda negara sekalipun. Kondisi ini berbeda dengan puluhan tahun yang lalu, saat komunikasi masih susah dilakukan. 


Teknologi menjadi tantangan utama dalam komunikasi saat itu. Semua berubah semenjak Alexander Graham Bell mengejar telepon, perlengkapan yang dengan gampang menghubungkan satu orang dengan orang lainnya. Meski demikian, kendala tetap terdapat saat insan dihadapkan pada tantangan geografi, laksana rentang jarak Atlantik yang besar.

Kabel telepon simpel tak memungkinkan dapat melintasi distrik tersebut. Namun, keperluan perdagangan dan politik memaksa sejumlah pihak guna menghubungan telepon melewati wilayah itu. Hari ini 93 tahun yang lalu, tepatnya pada 7 Maret 1926, Inggris dan Amerika Serikat dapat terhubung drainase telepon. 


Melalui pengembangan dari kesebelasan insinyur AS dan Inggris, mereka dapat terhubung memakai sinyal radio. Walaupun ini melulu sebatas eksperimen awal, tetapi terhubungnya AS dan Inggris sebagai pertanda telepon sudah dapat digunakan lintas samudra dan benua.

Komunikasi antarbenua menjadi sesuatu yang dinantikan sejumlah orang. Terhubungnya jaringan telepon lintas benua dan samudra mempermudah keperluan sejumlah pihak. Tak melulu sekedar perdagangan, kepentingan diplomasi juga dapat difasilitasi saat komunikasi lintas benua bisa terhubung. 

Pengembangan kesatu dilaksanakan dengan membentangkan kabel panjang di bawah air. Selang sejumlah minggu kabel ini rusak sebab materialnya tak dapat bertahan lama menghadapi air laut. Keadaan ini memacu semua insinyur Bell Labs (kini AT&T) guna mengembangan penemuannya. Ini berawal dari keberhasilan mereka menyelenggarakan percakapan dua arah kesatu dengan kapal di laut. 

Di samping itu, mereka juga dapat menghubungkan antara Virginia di AS dan Paris di Perancis walau melulu dengan layanan satu arah saja. Perang mengakibatkan akibat yang besar, salah satunya ialah berbagai penemuan dan pengembangan telekomunikasi yang lebih baik secara cepat. Hal ini guna menunjang peperangan. Pada 1926, Bell Labs sukses menghubungkan lintas benua antara AS dan Inggris. Ini menjadi tahapan baru dan pertanda keberhasilan pengembangan Bell Labs untuk dunia komunikasi.


Pada mula 1927, kesudahannya Bell Labs mulai mengkomersialkan dan mengawali saluran sah telepon lintas benua ini. Beberapa jurnalis berkumpul untuk dapat meliput pembicaraan bersejarah ini. Dilansir dari The Telegraph, percakapan saat itu dilaksanakan oleh Presiden Bell Labs, WS Gifford di New York dan Sir Evelyn Murray, Sekretaris Kantor Pos Umum (British Telecom) di London. 

Percapakan antar dua-duanya tercatat sebagai panggilan telepon lintas benua kesatu di dunia. Setelah peristiwa tersebut terjadi, maka sekian banyak  perusahaan telepon berlomba-lomba mengerjakan hal yang sama untuk menyerahkan layanannya pada komunikasi. Pada etape selanjutnya, Bell Labs menyerahkan kapasitas mula satu panggilan selama 75 dollar guna tiga menit kesatu.


Beberapa tahun kemudian, layanan telepon ini menyebar ke semua Amerika dan Eropa. Pada 1929, SS Leviathan menjadi kapal laut kesatu yang menawarkan layanan telepon radio untuk para penumpang dan awaknya. Pada era 1930-an, telekomunikasi menjangkau tidak sedikit negara lagi. AS dan Jepang akhirnya dapat terhubung satu dengan lainnya. Bell Labs pun memberikan layanan untuk pejabat urgen negara untuk merasakan pemakaian telepon. 

Pada 1963, Inggris memulai panggilan internasional langsung (SLI) dengan sejumlah fasilitas yang lebih modern. Layanan SLI mula hanya terdapat antara London dan Paris hingga pada tahun 1964, BT melanjutkan guna menghubungkan Birmingham, Edinburgh, Glasgow, Liverpool dan Manchester ke sekian banyak  tujuan Eropa Barat. Kini perkembangan internet lebih mempermudah komunikasi antar negara dan bahkan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar