Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi E-Voting - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Jumat, 12 Juli 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi E-Voting


Perkembangan Teknologi | Dunia teknologi saat ini merasakan perkembangan yang paling cepat disegala bidang yang bertujuan guna mempermudah kegiatan manusia. Tidak luput pun perkembangan teknologi dalam sistem pengambilan suara secara elektronik atau e-voting.

Boyolali menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi melewati sistem pengambilan suara secara elektronik atau e-voting. Berdasarkan keterangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes), pada tahun 2019 ini Kabupaten Boyolali telah mengemban sistem e-voting tingkat kepala desa guna keempat kalinya.


Sebanyak 229 desa di Boyolali mengemban Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 29 Juni 2019, yang dilaksanakan dengan teknik dua metode yakni dengan konvensional atau mencoblos di 160 desa dan sejumlah 69 desa memakai e-voting.

Berbagai perlengkapan keras sebagai penunjang e-voting disiapkan laksana komputer layar sentuh, laptop, smart card atau kartu pemilih elektronik, perangkat pembaca kartu dan printer. Begitu pun perangkat empuk seperti software data susunan pemilih tetap dan software pemilihan kepala desa yang saling terintegrasi.


Proses pengambilan suara berbasis elektronik tersebut pun terbilang gampang dan cepat. Pemilih tetap datang ke tempat pengambilan suara dengan menunjukan surat undangan dari panitia langsung dibandingkan dengan data pemilih tetap desa, kemudian diserahkan smart card guna memilih calon. Setelah tombol potret calon dipilih kemudian terbit kertas barcode yang lantas dilipat dan dimasukan ke kotak suara.

Dengan adanya pertumbuhan teknologi sistem e-voting tersebut diinginkan dapat meminimalisir pemakaian kertas, mempercepat masa-masa hasil penghitungan serta akuntabel. Semoga kedepannya, sistem ini dapat diterapkan untuk pengambilan suara yang lebih banyak seperti Pilkada atau Pilpres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar