Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Informasi - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Jumat, 26 Juli 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Informasi




Perkembangan Teknologi | Praktisi teknologi informasi, Erwin Kuncoro menuliskan Yogyakarta menjadi di antara kota dengan kesiapan perkembangan industri 4.0 terbaik di Indonesia.

"Yogyakarta menjadi salah satu wilayah yang dapat mengimplementasikan empat etape revolusi industri secara bersamaan, dimana nilai-nilai kebiasaan tidak tergeser oleh perkembangan teknologi," ujar Erwinmelalui penjelasan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (25/7).


Erwin yang pun Direktur Virtus Technology Indonesia tersebut mengatakan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Yogyakarta menduduki urutan kedua sesudah Jakarta dalam Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) 2017. Ini mengindikasikan kesiapan Yogyakarta menghadapi Industri 4.0.

Berdasarkan keterangan dari dia, kunci keberhasilan harmonisasi transformasi Industri 4.0 terdapat tiga. Pertama, dengan mengerjakan transformasi digital baik secara teknologi, sistem kerja, maupun kultur perusahaan. Kedua, membuat layanan yang memilki tiga unsur: real-time, customized dan multi channel, serta yang terakhir ialah meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM).


Industri 4.0 adalahistilah yang dilekatkan pada revolusi industri generasi keempat yang ditandai dengan integrasi antara dunia siber dan jasmani di suatu industri berkat kolaborasi serangkaian teknologi digital, di antaranya Internet of Things (IoT), artificial intelligence (AI), human-machine interface dengan tujuan membuat proses buatan yang efektif dan efisien.

Industri 4.0 tidak melulu memunculkan peluang, namun juga sekian banyak  tantangan. Tidak melulu soal implementasi buatan dengan teknologi digital, mesin pembelajaran atau big data, namun juga teknik membangun sistem ketenteraman melawan ancaman eksternal dan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar