Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Latar Belakang - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2 | TECHNOLOGY

Breaking

Jumat, 12 Juli 2019

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Latar Belakang



Perkembangan TeknologiPerkembangan teknologi digital terus melaju dengan cepat, sementara tersebut tidak seluruh orang adaptif terhadap evolusi ini. Tantangan untuk mayoritas wanita Indonesia, khususnya ibu-ibu, di era serba digital seperti saat ini ialah bagaimana memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melewati program Sisternet berkolaborasi dengan Daftar Emak Blogger (KEB) melangsungkan satu rangkaian pendidikan literasi digital mempunyai nama “Arisan Ilmu” di enam kota, sepanjang Juli-September 2019.

Kepala Komunikasi Perusahaan Grup XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan: "Sesuai dengan namanya" arisan ", program ini akan dalam bentuk berbagi keterampilan dan pengetahuan tentang penggunaan teknologi digital untuk berbagai kebutuhan produktif dan positif dengan banyak profesional yang telah bergabung. KEB Kami berharap komunitas, khususnya para ibu di kota-kota tempat acara ini akan berlangsung, memanfaatkan kesempatan ini sepenuhnya. "


Lebih lanjut Tri Wahyuningsih menyatakan bahwa semenjak diperkenalkan pada 2015, Sisternet terus berupaya guna menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi untuk banyak permasalah sosial yang sehubungan dengan pemberdayaan perempuan Indonesia. Salah satunya ialah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan keseharian untuk menjembatani kesenjangan digital yang dirasakan dapat menjadi akses untuk para wanita Indonesia guna terus maju.

Enam kota yang menjadi tuan rumah program Sains dan Teknologi Arisan adalah Jakarta pada 6 Juli 2019, Yogyakarta (13 Juli), Solo (14 Juli), Lampung (3 Agustus), Bandung (18 Agustus), dan Makassar (14 September). Materi untuk acara di Jakarta adalah "Maksimalkan Instagram dengan Konten yang Menarik". Di Yogyakarta, "Cara membuat komitmen di media sosial". Acara tunggal, "Kenyamanan menjadi bisnis di industri kreatif". Di Lampung mengangkat tema "Kenyamanan, menjadi profesi yang menggiurkan". Di Bandung bertema "Digital Branding untuk UKM Wanita". Akhirnya, di Makassar, dengan tema "Seorang ibu yang cerdas di era digital zaman kita".

XL Axiata juga menyediakan konten video yang berisi berbagai modul cerdas dalam format video dan tulisan terkait budaya digital untuk para ibu di Indonesia. Semua informasi dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar. Di setiap kota, ada 100 kursi untuk para peserta. Mereka yang tertarik untuk berpartisipasi dapat mendaftar dengan Teknik Anggota Sisternet di https://www.sisternet.co.id/page/event.


Daftar Emak Blogger (KEB) adalahkomunitas blogger yang berisi semua perempuan dengan latarbelakang bertolak belakang yang telah dikaruniai anak ataupun belum. Komunitas ini berdiri semenjak 18 Januari 2012, tersebar di sekian banyak  daerah di Indonesia laksana Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, sampai Makassar, Bengkulu, dan kota-kota besar lainnya. Hal ini lantas menjadi latarbelakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Daftar Emak Blogger (KEB) yang peduli dengan peradaban perempuan Indonesia melewati pemanfaatan teknologi digital saat ini. Harapannya, tingkat “melek digital” kaum wanita di sekian banyak  daerah di Indonesia bakal terus meningkat.

Berdasarkan data teranyar yang diluncurkan oleh APJII pada 2018 menunjukkan bahwa tingkat penetrasi pemakai Internet di Indonesia merasakan peningkatan menjangkau 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total populasi dan diduga masih terjadi penambahan yang signifikan pada tahun selanjutnya menyaksikan massifnya perkembangan teknologi saat ini. Penetrasi internet di area urban dan rural juga terus merasakan perkembangan yang relatif seimbang. Sementara itu, masih dari data yang sama mengindikasikan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru menjangkau 48,2%. Kondisi ini menjadi tantangan untuk XL Axiata guna terus menghadirkan solusi untuk seluruh perempuan terutama Ibu di Indonesia supaya mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar